Sejarah UKM Andalas Sinematografi


Ide pendirian UKM sinema sejatinya berawal di tahun 2006 yang mana ketika itu keinginan Azizul Mendra bersama kawan-kawan untuk memfasilitasi bakat dan kreativitas baru dilingkungan Universitas Andalas. Cukup lama Ia mencari celah dan akhirnya pada suatu kesempatan ketika pada saat itu ia  berada di Pekanbaru untuk menghadiri event kemahasiswaan bertemu dengan aktivis dari Univ. Al-Azhar Indonesia dan melalui hafislah yang mengenalkan saya dengan mitha, mahasiswi ilmu komunikasi Univ. Al-azhar, yang aktiv pada komunitas film di kampusnya, KineKlub.
Pada suatu saat, Mendra berkesempatan ke Univ. Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa timur, untuk menghadiri kompetisi Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) IX. Di sela-sela acara, ia mendatangi Pusat Kegiatan Mahasiswa UMM untuk bertemu dengan pengurus KineKlub UMM—sebagian besar kampus memakai nama KineKlub untuk komunitas film mereka.

Pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatkan di dibagi dan kepada teman-teman seperti Andri, Fika, Rika, Rury, Gita, Ica, Nini, Dhoni, vely, Bayu dan Akhel serta beberapa teman yang pada akhirnya tidak dapat bergabung. Mereka tertarik dan bersedia bergabung dan meluangkan waktu untuk  mengurus UKM Sinema hingga diakui secara de facto dan de jure di Univ. Andalas. Akhirnya, Mendra dan kawan-kawan memberanikan diri untuk menghadap Rektor Universitas Andalas.
Pada pertemuan selanjutnya, kami menghadap Rektor secara bersama-sama. Alhamdulillah dalam proses yang relatif panjang dan melelahkan itu membuahkan hasil pada tanggal 26 Juni Rektor Univ. Andalas menandatangi Surat Keputusan tentang pendirian UKM Andalas Sinematografi secara de jure dan dipilihlah Azizul Mendra sebagai ketua pertama. Sedangkan secara de facto aktivitas telah dilakukan atas nama Komunitas Andalas Sinematografi dalam mengangkat acara Bedah Film Ayat-Ayat CInta bersama Sutradaranya, Hanung Bramantiyo. Dalam proses pendirian ini, pengurus pertama UKM Sinema dibimbing oleh  Yuliandre Darwis, Ph.D yang selanjutnya memberikan inisiatif untuk menambah divisi Fotografi karena setelah kami pelajari bahwa ilmu dasar dari sinematografi ada pada fotografi.
Pada saat itu, bergabunglah Reza dan Ridwan sebagai photographer potensial di Universitas Andalas pada divisi fotografi. Sedangkan pada divisi produksi, bergabunglah Ook, Rauf, Evan, Ikhsan, dan Rendi.
Dalam perjalanan UKM Sinema hingga hari ini, manajemen (pengurus) secara bersama-sama selalu menyempurnakan UKM dan membuktikan eksistensi dalam berkarya. Berbagai acara seperti pameran fotografi, bioskop kampus dan BBMK sukses dilaksanakan. Jejak kesuksesan UKM Sinema juga di ikuti oleh lahirnya beberapa komunitas / UKM bidang film dan fotografi di kampus-kampus sekitar Sumatera Barat. Sampai hari ini, kami secara bersama-sama mensosialisasikan tentang film dan foto kepada mahasiswa yang ada di lingkungan Sumatera barat.

Share this post :

Our Fellas

Suara Anda

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andalas Sinematografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger